Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Memadukan Kuliah Dan Dakwah



Rubrik Konsultasi diasuh oleh: dra. (Psi) Zulia Ilmawati

Assalaamu‘alaikum, Wr. Wb.

Ibu Pengasuh Rubrik Konsultasi Keluarga yang saya hormati, saya seorang mahasiswa sebuah PT di Yogya, yang saat ini mempunyai beberapa permasalahan. Bagaimana menyinergikan antara kuliah dan dakwah, agar keduanya dapat berjalan dengan baik? Bagaimana pula agar bisa tetap istiqamah di jalan dakwah? Syukran atas jawabannya. Semoga dengan solusi yang diberikan menjadikan saya dan pengemban dakwah lainnya yang memiliki permasalahan yang sama dapat lebih konsisten dan istiqamah lagi dalam berjuang.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.
MZ - Yogya

Wa'alaikumsalam Wr Wb.

MZ yang baik,

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dengan kepedulian Anda pada aktivitas dakwah. Rasanya tidak banyak mahasiswa yang mau meluangkan waktunya untuk aktivitas semacam ini. Kalau toh mereka memilih kegiatan ekstra selain kuliah, maka lebih banyak memilih kegiatan yang hanya sekadar untuk menyalurkan bakat dan minat. Dengan kepedulian semacam ini, Insya Allah Islam akan kembali dapat ditegakkan. Kampus merupakan tempat yang sangat strategis untuk pembinaan dan pembentukan kader dakwah. Sejatinya dakwah di kampus sangat menjanjikan. Kuliah dan dakwah tentunya harus seiring sejalan. Sebagai mahasiswa, Anda tentu punya kewajiban untuk menjalani kuliah dengan baik. Dan sebagai seorang Muslim yang sadar akan tanggung jawabnya juga mempunyai kewajiban untuk berdakwah.

MZ yang baik,

Agar keduanya berjalan sinergis dibutuhkan kedisiplinan. Terutama dalam mengatur waktu. Mulailah dengan memilah-milah atau mengurutkan aktivitas berdasarkan skala prioritas. Buatlah rencana harian, dan berusahalah untuk konsisten dengan jadwal yang sudah dibuat. Satu hal yang juga sangat penting, kerja sama dengan teman sesama jamaah dakwah. Dengan kerjasama yang baik, jika suatu saat Anda tiba-tiba-harus mengikuti kuliah tambahan atau praktikum dadakan misalnya, dan berbarengan dengan jadwal aktivitas dakwah, maka aktivitas dakwah tetap bisa berjalan dengan digantikan sementara oleh teman lain satu jamaah. Sehingga Anda tidak perlu bolos kuliah karena alasan dakwah, dan dakwah tetap bisa berjalan.

MZ yang baik,

Sikap istiqamah dalam dakwah sejatinya dapat dipupuk dengan terus-menerus melakukan pembinaan secara intensif, dan saling mengingatkan sesama kader dakwah. Tidak semestinya sebagai seorang Muslim cuek atau tidak peduli terhadap nasib kaum Muslimin atau kemaksiatan yang semakin merajalela saat ini. Jangan sampai kita sebagai Muslim hanya merasacukup mengerjakan kewajiban-kewajiban yang berkaitan dengan ibadah ritual seperti shalat, puasa, zakat dan haji. Sesungguhnya dakwah adalah aktivitas yang sangat penting jika tidak ingin nasib umat semakin terpuruk.

Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia mengubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaknya dengan lisannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah-lemah iman. (HR. Muslim)

MZ yang baik,

Banyaklah belajar dan bergaul dengan orang-orang yang memilih hidupnya di jalan dakwah. Jadikan mereka inspirasi dan contoh agar semangat dakwah terus menyala. Ada keutamaan-keutamaan buat orang yang giat melakukan aktivitas dakwah. Dakwah merupakan amal yang sangat baik, karena dengan dakwah akan menjauhkan umat dari kebatilan dan mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. Allah SWT berfirman:

”Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shalih dan berkata, ”Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerahkan diri” (TQS. Fushilaat: 33). []

Sumber: Tabloid Media Umat edisi 188
---

Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam