Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Agar Tidak Fokus Pada Kekurangan


ilustrasi: gambar perempuan mexico masuk Islam

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Ibu Pengasuh Rubrik Konsultasi Keluarga yang saya hormati, saya seorang ibu sekaligus pengemban dakwah. Selama ini suka iri melihat teman-teman yang dalam pandangan saya memiliki banyak kelebihan. Bisa menulis, berbicara dengan lancar menyampaikan ide-ide Islam terkait pemikiran-pemikiran dan opini-opini yang sedang berkembang di tengah-tengah umat. Terkadang saya merasa malu, kok tidak bisa seperti mereka. Bagaimana saya harus memulai agar muncul keberanian, dan tidak fokus pada kekurangan saya. Mohon sarannya.

Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.
TN-O857 x x x

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

Ibu TN yang baik,

Tak ada manusia yang sempurna, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Meski di antara makhluk lainnya, manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Padanya diberikan akal pikiran dan perasaan yang membedakannya dari makhluk Allah lainnya.

“Sesungguhnya Kami telah menjadikan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya" (TQS. At-Tin: 4)

Kegelisahan yang Anda rasakan adalah wajar. Tapi sebaiknya jangan terlalu dipikirkan. Yang lebih penting adalah bagaimana mengoptimalkan kelebihan yang Anda miliki, dan mengolah kekurangan menjadi kekuatan tersendiri. Saya yakin, Anda juga bisa melakukannya.

Ibu TN yang baik,

Tidak percaya diri muncul ketika kita merasa ragu-ragu dalam melakukan suatu perbuatan atau tindakan. Kita merasa bahwa apa yang akan kita lakukan kurang baik di mata orang lain, atau kita merasa takut salah dalam melakukan sesuatu. Padahal kekhawatiran kita itu tidak mendasar. Bisa jadi perasaan kita mengatakan apa yang kita lakukan kurang baik di mata orang lain, padahal baik di mata Islam. Bila Anda merasa benar, jangan ragu-ragu untuk melangkah.

Ibu TN yang baik,

Hal pertama yang penting dilakukan agar muncul rasa percaya diri adalah dengan menyadari bahwa Allah SWT, menciptakan kita berkualitas unggul dan dalam kondisi terbaik. Langkah berikut, kenali potensi Anda. Banyak orang rendah diri karena dia tidak menjalani hidup sesuai dengan potensinya. Mereka melupakan atau tidak melihat potensinya dengan benar.

Cari tahu kelebihan yang Anda miliki, selami kelemahannya. Tulislah apa saja yang mengganggu diri Anda sehingga tidak punya keberanian dan tidak percaya diri. Tuliskan juga segala potensi yang Anda miliki. Ketika Anda tahu tentang potensi yang dimiliki, asahlah, pelajari pengetahuan yang berkaitan dengan potensi yang Anda miliki itu. Tetaplah fokus pada kelebihan bukan kekurangan. Insya Allah, kepercayaan diri akan segera muncul.

Ibu TN yang baik,

Teruslah memotivasi diri sendiri agar Anda memiliki kekuatan untuk menerima kekurangan, tidak menghambat kelebihan yang Anda miliki. Bayangkan jika Anda fokus pada kelebihan, akan banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan. Ucapkan kata-kata positif ke dalam benak Anda, dengan begitu Anda telah membangkitkan energi positif ke dalam pikiran Anda sendiri.

Jangan biarkan pikiran negatif tentang kekurangan Anda menghambat kelebihan Anda yang sangat berharga. Segeralah lakukan aktivitas untuk mengoptimalkan kelebihan, dan mengolah kekurangan. Ketika Anda sudah mengoptimalkan kelebihan yang Anda miliki, maka kekurangannya akan menjadi tak terlihat. Dan muncullah rasa percaya diri.

Setelah muncul percaya diri, Anda akan lebih banyak melakukan dan mencoba dibandingkan saat rendah diri. Saat Anda memiliki kea beranian, maka peluang keberhasilan akan semakin besar.

Ibu TN yang baik,

Kurangnya percaya diri biasanya juga terkait dengan seberapa banyak ilmu yang kita miliki. Maka jangan bosan untuk terus belajar. Bukankah opini tentang Islam itu mesti disampaikan dengan perkataan atau tulisan?

Bacaan: Tabloid Media Umat edisi 187
---

Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam