Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Pentingnya Halaqah Dalam Belajar Islam



Memahami Islam kaffah sangat penting. Cara memahami Islam haruslah dengan berguru pada seorang terpercaya dan memiliki ilmu bersanad. Saat ini, tidak cukup belajar Islam di bangku sekolah, apalagi hanya membaca buku atau merujuk referensi di Google. Belajar sampai paham harus melalui proses berpikir. Salah satunya melalui forum halaqah, yaitu duduk melingkar beberapa orang untuk membahas ilmu agama dengan dibimbing satu guru.

Saat ini, di tengah sistem pendidikan sekuler, media sekuler dan tayangan sekuler yang menjadi “referensi”, penting bagi remaja Muslim untuk mengikuti kajian Islam melalui halaqah. Dengan cara inilah remaja bisa membentengi diri dari arus opini menyesatkan. Bagaimana pentingnya halaqah untuk membina kepribadian Islam seseorang, berikut bebarapa di antaranya:

1. Berjamaah Lebih Istiqamah

Sendiri dalam ketaatan itu susah. Banyak godaan setan. Dengan berjamaah, umat Islam akan lebih kuat dan istiqamah. Ingat Surat Ali Imran: 103, ”Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayatNya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

2. Menjalin Ukhuwah

Memiliki forum halaqah adalah cara untuk menambah saudara seiman. Pertemuan rutin dengan saudara sepemahaman akan memupuk ukhuwah yang kuat. Belajar saling memahami, berempati dan toleransi dengan tepat. Teman sejati adalah teman satu aqidah. Saling bantu, saling sayang-menyayangi karena Allah. Itulah ukhuwah sejati.

3. Menjamin Teman yang Shalih

Teman halaqah tentunya memiliki pola pikir dan pola sikap yang sama, karena telah sama-sama dibina dengan pemahaman Islam yang satu. Oleh karena itu, relatif homogen dan pastinya akan membawa pada kebaikan. Teman halaqah adalah teman shahih yang bisa membawa pada keberkahan dunia dan akhirat.

4. Menjadi Wadah Belajar Intensif

Halaqah menjadi wadah belajar Islam terbaik. Dengan memiliki jam pertemuan rutin dalam membahas Islam, maka terjamin keselamatan akidah dari tergelincir pada kekeliruan. Selalu membersihkan akal dengan mengkaji tema-tema agama terus-menerus, tanpa henti, dan mengaitkannya dengan aplikasi dalam kehidupan.

5. Periwayatan Ilmu Bersanad

Halaqah menjamin ilmu yang dipelajari bersanad, karena biasanya ditularkan turun-temurun, dari mulut ke mulut, face to face dari guru ke murid, ke murid dan seterusnya. Kitab yang dikaji tertentu, hasil pemikiran mujtahid yang memiliki sanad keilmuan yang jelas. Sehingga, bisa dipertanggungjawabkan kebenaran atau keshahihannya. Berbeda dengan belajar sendiri tanpa guru, tidak jelas sanadnya. Apalagi jika belajarnya melalui buku atau media tanpa ada proses berpikir dua arah, yakni diskusi sampai puas dengan guru atau pembinanya (hingga terang kebenaran). []kholda

Sumber: Tabloid Media Umat edisi 198
---

SMS/WA Berlangganan Tabloid Media Umat: 0857 1713 5759

Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam