Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Pengusaha (Seharusnya) Di Bawah Panji Rasulullah SAW



Oleh: Fahmi Shadry, Anggota DPP Lajnah Khusus Pengusaha HTI, Pebisnis di bidang Digital Communication Technology

Muslimpreneur rahimakumullah, sebagai Muslim sudah pasti kita selalu melaksanakan shalat Jum’at berjamaah di masjid. Kalau kita perhatikan pada akhir khutbah, salah satu doa yang sering dipanjatkan khatib adalah tahta liwa'i Sayyidina Muhammad (berada di bawah Liwa Rasulullah SAW) kelak di hari penghisaban.

Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam Fathu al-Bari' (VI/126) menyebutkan: Al-Liwa' adalah rayah; juga disebut 'alam (bendera). Bendera ini dipegang oleh panglima tentara dan diemban di atas kepalanya. Ibnu Abbas ra. berkata: "Rayah Rasulullah berwarna hitam dan Liwa’ beliau berwarna putih; tertulis disitu La ilaha illa Allah Muhammad Rasulullah” (HR. Abu Syaikh al-Asbahani dalam Akhlaq an-Nabiy wa Adabuhuu). Kalimat tauhid inilah yang membedakan Islam dan kekufuran.
Panji ini akan dikibarkan oleh Rasulullah SAW kelak pada hari kiamat sebagaimana sabdanya: "Aku adalah pemimpin anak Adam pada hari kiamat dan tidak ada kesombongan. Di tanganku ada Liwa' al-Hamdi dan tidak ada kesombongan. Tidak ada nabi pada hari itu, baik Adam dan lainnya kecuali di bawah Liwa'-ku” (HR. at-Tirmidzi)

Liwa' dan Rayah Rasul merupakan kemuliaan bagi para pemegangnya. Rasulullah SAW menyerahkan ar-Rayah dalam berbagai peperangan kepada panglima pasukan. Ali bin Abi Thalib ra. mendapatkan kemuliaan dengan diserahi ar-Rayah oleh Rasulullah SAW untuk memimpin pasukan ke Khaibar. Dalam perang Badar al-Kubra, Ali ra. juga menjadi pemegang ar-Rayah dan sangat berperan dalam perang tersebut.

Rayah Rasulullah Saw. merupakan panji tauhid dan menjadi lambang eksistensi kaum Muslimin dalam peperangan maupun di luar peperangan. Para sahabat mempertahankan ar-Rayah dengan taruhan nyawa. Dalam perang Uhud, Mus'ab bin Umair mempertahankan ar-Rayah hingga kedua lengannya putus ditebas musuh, ia berusaha mempertahankan dengan menelungkupkan bendera itu di dada dan lehernya hingga akhirnya syahid. Lalu ar-Rayah itu dipegang oleh Abu ar-Rum hingga tiba di Madinah. Pada saat perang Mu' tah, Rasulullah Saw. menyerahkan ar-Rayah kepada Zaid bin Haritsah, dan beliau berusaha mempertahankannya hingga syahid, lalu digantikan oleh Ja'far bin Abi Thalib hingga syahid, kemudian dipegang oleh Abdullah bin Rawahah hingga syahid juga.

Para pengusaha Muslim generasi awal berada di garis terdepan sebagai panglima pasukan pembela panji Rasulullah. Rasulullah SAW memberikan panji kepada Abu Bakar Shiddiq ra. untuk memimpin ekspedisi militer ke Bani Kalb di Nejd. Umar bin Khattab ra. memimpin pasukan ke Turbah. Ali bin Abi Thalib ra. memimpin pasukan ke Khaibar, Fadak, Thaiy. Abdurrahman bin Auf ra. memimpin ekspedisi militer ke Daumatul Jandal. Zubair bin Awwam ra. menjadi pemegang panji Muhajirin pada saat fathu Makkah. Selain itu mereka juga tidak segan-segan mengorbankan jiwa dan hartanya untuk membela lslam, sebagaimana dilakukan oleh Utsman bin Affan yang sering menanggung biaya jihad, Thalhah bin Ubaidillah yang dijuluki Rasulullah sebagai syahid yang hidup, Saad bin Muadz yang kematiannya menggetarkan Arasy Allah.

Mereka adalah pengusaha yang tidak dilalaikan oleh perniagaan atau jual beli dari mengingat Allah, mereka berusaha mengamalkan firman Allah dalam surat An-Nuur:

“Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah, dan (dari) mendirikan shalat, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi guncang (37); (Mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberi balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas” (38).

Rasulullah SAW bersabda: ”Ketika Allah mengumpulkan manusia pertama hingga manusia terakhir pada hari kiamat nanti, maka akan terdengar suara penyeru yang dapat didengar oleh semua makhluk, ”Pada hari ini semua orang akan tahu, siapakah yang lebih berhak mendapatkan kemuliaan, yaitu hendaklah berdiri orang-orang yang tidak dilalaikan oleh perdagangan dan tidak pula oleh jual-beli karena mengingat Allah”. Maka hanyalah segelintir dari mereka yang berdiri, kemudian setelah itu akan dihisab semua makhluk" (HR. an-Nasa'i dan Ibnu Abi Hatim)

Semoga kita berada di bawah Liwa' al-Hamdi Rasulullah Saw. pada hari kiamat kelak dengan tetap istiqamah berjuang jiwa raga dan hartanya demi tegaknya Islam dan berkibarnya Liwa' dan Rayah di muka bumi dalam naungan khilafah 'ala minhajin nubuwwah. Aamiin.[]

Sumber: Tabloid Media Umat edisi 196
---

SMS/WA Berlangganan Tabloid Media Umat: 0857 1713 5759

Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam