Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Pemuda Dasyat, Cerdas Taat Syariat



Oleh: @dhikawidayat, Penulis Buku Pemuda Dasyat

Ngomongin tentang pemuda itu memang asyiknya luar biasa. Pemuda itu punya semangat yang menggebu-gebu. Lihat saja lakon dari banyak kejadian akbar di dunia. Hampir semuanya diaktori oleh pemuda. ide-ide baru itu kalau yang mengusung adalah pemuda, maka akan jadi tampil. Kelihatan fresh dan menggairahkan. Berbeda dengan kalau yang bawa sudah kakek-kakek, jadi kurang menarik.

Pemuda memang menjadi manusia yang istimewa. Sorotan yang paling menarik untuk dijadikan headline utama. Apa yang dilakukannya, entah itu positif atau negatif menjadi bahan perbincangan yang renyah.

Mungkin karena memang yang namanya pemuda itu adalah generasi penerus bangsa. Yang seharusnya menjadi aktor utama untuk membangun sebuah peradaban. Bahkan ada yang bilang, "Kalau ingin melihat keadaan suatu kaum di masa depan, maka lihatlah pemudanya di masa sekarang".

Pemuda memang sosok yang menarik. Mempunyai semangat yang tinggi dan ide-idenya kreatif. Ini adalah modal cerdas dari pemuda. Ini merupakan modal awal yang bagus banget untuk menaikkan derajat suatu kaum.

Namun, pernah kan kamu lihat sebuah bangsa yang memiliki banyak orang-orang cerdas dan ternyata martabatnya tidak menjadi baik? Karena ada satu syarat lagi yang belum dipenuhi, yaitu taat syariat.

Karena cerdas saja nggak cukup. Bisa jadi cerdasnya digunakan untuk hal-hal negatif. Untuk kriminal atau yang lainnya yang merugikan banyak orang. Cerdasnya dibiarkan liar. Mungkin ada panduannya tapi nggak benar.

Sehingga cerdas saja nggak cukup menjadi pemuda. Selain itu, kudu juga taat syariat. Justru ini adalah kuncinya. Sehingga cerdasnya menjadi nilai pahala.

Kan asyik jadinya. Nggak hanya cerdas tapi juga taat syariat. Berkahnya hidup nggak hanya di dunia tapi juga di akherat. Ini kan yang kita minta sama Allah? "Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa Neraka" (TQS. Al-Baqarah: 201).

So, yuk jadi pemuda Dasyat, cerdas dan taat syariat. []

Sumber: Tabloid Media Umat edisi 198
---

SMS/WA Berlangganan Tabloid Media Umat: 0857 1713 5759

Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam