Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Dalil Shalat Sunah Setelah Wudhu



P. Shalat Setelah Wudhu

Apabila seorang Muslim selesai berwudhu, maka disunahkan untuk shalat dua rakaat. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Humran pelayan Utsman ra.:

“Bahwa ia melihat Utsman bin Affan memanggil untuk dibawakan satu wadah, lalu dia mengucurkan air pada dua telapak tangannya tiga kali dan mencucinya, kemudian memasukkan tangannya yang sebelah kanan ke dalam wadah, lalu ia berkumur dan beristinsaq. Setelah itu dia membasuh wajahnya tiga kali, dan dua tangannya hingga dua siku tiga kali, lalu dia mengusap kepalanya, kemudian membasuh dua kakinya tiga kali hingga dua mata kaki. Lalu dia berkata: Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini, lalu dia shalat dua rakaat dan tidak berbicara di dalamnya, maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud)

Juga hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah ra.:

“Bahwa Nabi Saw. berkata kepada Bilal ketika shalat fajar: “Wahai Bilal, beritahu aku amal apa yang telah engkau lakukan dalam Islam, hingga aku bisa mendengar suara kedua sandalmu di depanku di Surga?” Maka Bilal berkata: aku tidak mengamalkan suatu amalan khusus selain bahwa aku tidaklah bersuci pada satu malam atau siang kecuali dengan wudhu tersebut aku melakukan shalat yang diwajibkan kepadaku.” (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Begitu pula berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Amir, bahwa dia berkata:

“Kami dikenai kewajiban menjaga unta, lalu tiba giliranku, maka aku berjalan ke arah unta-unta itu di waktu malam. Lalu aku bertemu Rasulullah Saw. sedang berdiri sambil berbicara pada orang-orang, dan aku ingat sebagian ucapannya: “Tidaklah seorang Muslim berwudhu lalu membaguskan wudhunya, kemudian dia berdiri dan shalat dua rakaat, dengan menghadapkan hati dan wajahnya, kecuali wajib baginya memperoleh Surga…” (HR. Muslim, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah dan an-Nasai)

Sumber: Tuntunan Shalat Berdasarkan Qur’an Dan Hadits, Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, Pustaka Thariqul Izzah

(Artikel ini tanpa tulisan Arabnya)

Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam