Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Puasa Sunah Sejumlah Hari yang Dipandang Mudah Tiap Bulan



Kedua: Macam-Macam Puasa Sunat

Puasa yang Mudah Dilakukan Dari Setiap Bulan

Ini adalah perbuatan yang biasa dilakukan oleh Rasulullah Saw., di mana beliau Saw. tidak melewati satu bulan tanpa berpuasa beberapa hari di bulan itu, dan tidak diketahui beliau Saw. berpuasa satu bulan penuh selain bulan Ramadhan saja. Dari Abdullah bin Syaqiq, ia berkata:

“Aku bertanya kepada Aisyah ra.: Adakah Rasulullah Saw. berpuasa satu bulan penuh? Aisyah berkata: Aku tidak mengetahui beliau Saw. berpuasa satu bulan penuh kecuali bulan Ramadhan saja, dan beliau Saw. tidak berbuka sebulan penuh melainkan akan berpuasa beberapa hari darinya, hingga beliau Saw. meninggal dunia.” (HR. Muslim [2718], an-Nasai dan Ahmad)

Dari Abu Salamah, ia berkata:

“Aku bertanya kepada Aisyah ra. tentang puasa Rasulullah Saw. Dia berkata: Beliau Saw. biasa berpuasa, sampai-sampai kami mengatakan sungguh beliau berpuasa (tidak berbuka-buka), tetapi (beliau Saw. juga) biasa berbuka, sampai-sampai kami mengatakan sungguh beliau Saw. berbuka (seperti tidak pernah berpuasa). Dan aku tidak pernah melihat beliau Saw. berpuasa paling banyak dalam satu bulan selain di bulan Sya’ban. Beliau Saw. biasa berpuasa bulan Sya'ban seluruhnya, dan biasa pula berpuasa hampir sepanjang bulan Sya'ban, kecuali tinggal beberapa hari.” (HR. Muslim [2722],Bukhari, Abu Dawud, an-Nasai, Ibnu Majah, Ahmad dan Ibnu Hiban)

Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata:

“Rasulullah Saw. tidak berpuasa satu bulan seluruhnya sama sekali selain Ramadhan, beliau Saw. akan selalu berpuasa. Jika sudah berpuasa (sedemikian rupa) sehingga seseorang berkata: Tidak demi Allah, beliau Saw. tidak pernah berbuka. Dan beliau akan selalu berbuka sedemikian rupa sehingga) jika telah berbuka seseorang berkata: Tidak demi Allah, beliau Saw. tidak berpuasa.” (HR. Muslim [2724] dan ad-Darimi)

Tirmidzi [765] meriwayatkan hadits ini dari jalur Aisyah ra.

(artikel ini tanpa tulisan Arabnya)

Sumber: Tuntunan Puasa Berdasarkan Qur’an Dan Hadits, Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, Pustaka Thariqul Izzah

Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam