Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam

Risalah Diskusi Dengan Nadirsyah Hosen


Bukan soal menang-kalah.


Hanya sharing gagasan dan ikhtiar meluruskan kekeliruan dan fitnah.

Kekalahan itu sesungguhnya ketika kita dihakimi masa karena perbuatan curang dan zhalim, dan saat kita tak bawa hujjah di Hari dimana tak ada pembela apapun dan siapun pada hari itu.

Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadits:

إن أخْوَف ما أخاف على أمتي كلُّ منافقٍ عليمِ اللسان

"Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari umatku adalah setiap munafik yang pandai bersilat lidah." (HR. Ahmad)

Imam al-Munawi رحمه الله تعالى menjelaskan:

أي كثير علم اللسان جاهل القلب والعمل اتخذ العلم حرفة يتأكل بها ذا هيبة وأبهة يتعزز ويتعاظم بها يدعو الناس إلى الله ويفر هو منه ويستقبح عيب غيره ويفعل ما هو أقبح منه ويظهر للناس التنسك والتعبد ويسارر ربه بالعظائم إذا خلا به ذئب من الذئاب لكن عليه ثياب

"Maksudnya yaitu orang yang banyak ilmu di lidahnya, tapi bodoh hati dan amalnya. Ia menjadikan ilmu sebagai profesi yang dengan itu ia mencari makan. Ia berpenampilan penuh wibawa untuk menarik perhatian orang. Ia mengajak orang lain kepada Allah tapi ia sendiri lari dari Allah. Ia mencela aib orang lain lalu melakukan perbuatan yang lebih buruk daripadanya. Ia menampakkan ibadah dan kekhusyukan di hadapan manusia tapi melakukan dosa-dosa besar di hadapan tuhannya saat sendirian bersama-Nya. Ia adalah seekor serigala yang memakai baju." (Al-Munawi, Faidhul Qadir, 2/419).

====

Risalah Diskusi Kami dengan NH


Pak @na_dirs membuat tuduhan yang dibangun di atas argumentasi yang lemah terkait tafsir An Nur 55 dan status HR. Ahmad (https://www.facebook.com/1552475198334094/posts/2313333105581629/). Kemudian kami berikan kado spesial (sebuah kritik ilmiah):


Terkait hadits, pak @na_dirs mengatakan hadits kembalinya khilafah dhaif. Kemudian kami jawab:



Pak @na_dirs menuduh HT tdk konsisten dan punya konsep baku (https://nadirhosen.net/kehidupan/negara/hti-tidak-punya-konsep-baku-tentang-khilafah). Kemudian saya jawab dalam kultwit (50 tweet) yg sy rangkum sbb:

Pak @na_dirs mengatakan tidak ada bahasan kewajiban khilafah yang berdalil dgn HR. Ahmad dalam 90 kitab mu'tabar (https://nadirhosen.net/tsaqofah/syariah/riwayat-khilafah-ala-minhajin-nubuwwah-tidak-dibahas-dalam-kitab-utama-bidang-aqidah-tafsir-hadits-tarikh-fiqh). Kemudian kami jawab:



Dan jagat twitter tiba-tiba ramai dengan twit war dari konten-konten di atas.

Seperti biasa, @na_dirs selalu menghindar diskusi ide. Lari ke topik lain atau menyerang personal.

Kemarin malam, pak @na_dirs mengalihkan diskusi pada sisi lain, tentang internal HTI. Dia mulai cari topik lain lagi. Terkait tuduhan yg mencatut kitab Muqaddimah Dustrur (ttg ketidak-konsistenan HTI dan ketidak-bakuan khilafah) dan ttg Hadits khilafah, dia sdh game over.

Malam ini, pak @na_dirs kembali lari dari isu utama. Ia bahas anggapan akun bot, dana untuk trending topic, dll. Fansnya seperti biasa sorak berpantasi dengan mengatakan kata-kata kasar seperti (maaf): bangsat, curut, enyah, minggat, basmi, usir, hancurkan, tong sampah, goblok, dll. Kumuh sekali!

Ada juga yang lucu, mensyaratkan agar saya membuat paper ilmiah kalau mau mendebat @na_dirs. Saya jawab: "Artikel Gus Nadir saja bukan paper ilmiah, bahkan berantakan (coba lihat websitenya). Saya kan hanya menaggapi artikel-artikel lepas beliau yang sarat tuduhan dan fitnah. Mengapa saya harus standar jurnal ilmiah, sdangkan yang melempar tuduhan tdk harus ilmiah? Sekalian saja terindeks scopus."

Prinsip saya, sedang menyelami kalam ahli hikmah berikut:

إخفاء العلم هلكة وإخفاء العمل نجاة (جامع بيان العلم وفضله لابن عبد البر)

"Menyembunyikan ilmu adalah kehancuran, sedangkan menyembunyikan amal adalah keselamatan." (Ibnu Abdil Bar, Jami Bayan al-Ilmi).

Jadi saya layani seperlunya saja. Selamat mimpi indah.. :)

YRT

Download BUKU Dakwah Rasul SAW Metode Supremasi Ideologi Islam