Page

Boleh Menggunakan Handuk Menyeka Basah Air Wudhu



Masalah (Perkara) Ketiga

Seorang yang berwudhu boleh menggunakan handuk untuk menyeka air setelah selesai berwudhu, tetapi boleh juga tidak menyekanya. Hal ini diriwayatkan dari alaHasan bin Ali, Anas, Utsman, Malik, at-Tsauri dan selainnya. Dalil kebolehan menyeka air adalah hadits yang diriwayatkan Qais bin Saad, dia berkata:

“Rasulullah Saw. mengunjungi kami di rumah kami... kemudian Saad memerintahkannya untuk mempersiapkan air untuk mandi. Lalu dibawakanlah air untuk mandi beliau Saw. beliau Saw. pun mandi. Kemudian Saad memberikan -atau Qais berkata- mereka memberikan selembar selimut yang telah dilumuri dengan kunyit dan waras kepada beliau Saw. Lalu beliau Saw. menggunakannya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan an-Nasai)

Juga berdasarkan hadits yang diriwayatkan Salman al-Farisi:

“Bahwasanya Rasulullah Saw. berwudhu, lalu beliau membalik jubah wol yang dipakainya, kemudian mengusap wajahnya dengannya.” (HR. Ibnu Majah dengan sanad shahih)

Juga dari Aisyah ra.:

“Bahwasanya Nabi Saw. memiliki kain yang digunakan untuk menyeka air setelah berwudhu.” (HR. al-Hakim)

Dalil bolehnya tidak menyeka air adalah hadits Maimunah ra. Beliau menceritakan cara mandi Rasulullah Saw., dia berkata:

“Kemudian beliau Saw. diberi kain handuk, tetapi beliau Saw. tidak mengeringkan badannya dengan handuk tersebut.” (HR. Bukhari)

Dalam lafadz kedua dari Bukhari disebutkan:

“Lalu aku memberikan kain padanya, kemudian beliau Saw. memberikan isyarat dengan tangannya seperti ini. Beliau Saw. tidak menghendakinya.”

Dan dalam lafadz ketiga dari Bukhari disebutkan:

“Kemdian aku menyodorkan kain pengering padanya, tetapi beliau Saw. tidak mengambilnya. Lalu beliau Saw. pergi sambil mengeringkan air dari badannya dengan tangannya.”

Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim dengan lafadz:

“Kemudian aku membawakan kain handuk untuk beliau Saw., tetapi beliau Saw. menolaknya.”

Muslim juga meriwayatkan hadits ini dari Maimunah ra.:

“Bahwasanya Nabi Saw. disodori kain handuk, tetapi beliau Saw. tidak menyentuhnya. Beliau Saw. malah memperlakukan air seperti ini, yakni membersihkannya/mengeringkannya (dengan tangan).”

Sumber: Tuntunan Thaharah Berdasarkan Qur’an Dan Hadits, Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, Pustaka Thariqul Izzah

(Artikel ini tanpa tulisan Arabnya)